Beberapa waktu lalu keinginan buat go internasional semakin menggebu (halah) sehingga ketika ada promo Air Asia 200 ribu tanpa babibu langsung beli. Padahal keberangkatan dari Semarang dengan tujuan Singapore. Dan harinya juga hari kerja yaitu hari Jumat tanggal 13 Mei 2016. Wah harus bolos dua hari ini. Tapi demi go internasional ya. Rencana bolos dua hari pun dijalani. Yang memang sejak terjadi kecelakaan naas itu, rute Air Asia dari SUB tujuan SIN resmi ditutup.
Yang ternyata takdir mengatakan lain, go internasional saya dimajukan jadi tanggal 25 Maret 2016. Oleh siapa? Apakah AA? Oh tidak.. tapi mendadak pada akhir februari kemaren mendapat pemberitahuan dari kantor kalau kepilih jadi karyawan dengan dedikasi baik (baca : ala-ala) dan mendapat reward ke jalan-jalan ke Singapore katanya. Seneng dong ya.. pastinya.
Dan tak ada ombak tapi ada angin (yah walau anginnya juga ndak kenceng sehingga tetap ndak bisa mengobati panasnya hati adek, eh panasnya Surabaya deng) pada tanggal 5 Maret 2016 saya mendapat email dengan judul Indonesian Preflight yang isinya pemberitahuan bahwa penerbangan dengan Kode Booking L975XY, your flight is now reschedule. Dari hari Jumat 13 Mei 2016 penerbangan jam 10.40 AM menjadi 04.00 PM. Dari yang awalnya siang jam sebelas kurang menjadi jam empat sore.
Dan demi ketaknyamanan ini kemudian Air Asia menawarkan tiga opsi.
Pertama : Reschedule. Tujuan tetap Singapore. Paling lama 14 Hari dari tanggal awal keberangkatan.
Kedua : Credit Shell. Bisa ganti tujuan tapi denga syarat tidak boleh lebih dari 90 hari dari tanggal keberangkatan dan harga tiket masih equivalent.
Ketiga : Full Refund.
Pertama : Reschedule. Tujuan tetap Singapore. Paling lama 14 Hari dari tanggal awal keberangkatan.
Kedua : Credit Shell. Bisa ganti tujuan tapi denga syarat tidak boleh lebih dari 90 hari dari tanggal keberangkatan dan harga tiket masih equivalent.
Ketiga : Full Refund.
Diminta untuk segera menghubungi AA untuk pemprosesannya. Pertama saya nyoba pakai live chat, tapi ternyata antriannya sak ndayak akhirat. Diminta nunggu 15 menit yang ketika direfresh lagi urutan antrian antri lagi. Karena disambi ngerjain kerjaan kantor beberapa kali saya kelewatan sampe harus bolak balik antri lagi. Saya desperate tiga hari begitu terus, akhirnya saya memutuskan untuk ngisi online form saja.
Cara pengisiannya bisa googling sendiri karena saya memang ndak nyekrinsut.
Dan ketika saya ngisi online form saya milih full refund. Karena itu tadi saya sudah mau ke Singapore tanggal 25 Maret. Sebenarnya sempat kepikiran mau pilih opsi satu, tapi kok ya ndak enak sama kantor, sudah diberangkatkan gratis ke Singapore eh masih mau bolos lagi buat maen ke Singapore lagi.
Sempet gambling juga ini perasaan ketika pengisian buat full refund. Karena setahu saya untuk tiket promo ada ketentuan tidak bisa refund. Tapi yaa.. namanya juga nyoba, jadi bismillah... klik OK.
Pada tanggal 5 Maret 2016. Dapat email balasan dari AA. Yang isinya pihak AA masih dalam tahap mereview pengajuan full refund.
29 Maret 2016. 2 hari dari kepulangan saya dari Singapore jalan-jalan kantor saya dapat email lagi dari pihak AA yang isinya proses validasi dan review sudah selesai. Poses full refund katanya membutuhkan waktu 30 Hari.
4 April 2016. Pemberitahuan dari pihak AA bahwa klaim full refund diapproved dan sudah diteruskan ke pihak bank.
Dan kemaren pada 13 April 2016 ketika iseng cek mutasi rekening, ternyata ada transferan dari pihak AA pada tanggal 11 April 2016. Dan ternyata beneran full refund.
Terima Kasih Air Asia. Terima kasih untuk kecepatan dan ketakribetannya. Gumawayo!!
No comments:
Post a Comment
Komen pakai Hati ya...:)