Wednesday, November 9, 2016

Drama Imigrasi


Sumber : Google

Passport hilang. Njuk ke imigrasi mau buat pasport lagi. Sampe sana disuruh lapor polisi kalau passport hilang. Akhirnya ke kantor polisi. Njuk di sana diminta surat keterangan dari imigrasi kalau pernah buat pasport. Balik imigrasi. Imigrasi ga mau ngeluarin surat keterangan kalau ga ada laporan kehilangan dari kepolisian. Balik lagi ke kepolisian, bilang imigrasi ga mau ngeluarin surat keterangan. Sama pak polisi disuruh pindah imigrasi yang mau ngeluarin surat keterangan tanpa laporan kehilangan. Bapake kesabaran sudah dititik nadir merasa dilempar-lempar. Balik kantor. Eh pas sampe kantor, istrinya telpon passport ketemu. Nyempil di lemari. Done. Antiklimaks. Antara kasian sama mau ngakak. 

Itu satu dari sekian kisah drama imigrasi. Kenapa sampai ada drama? karena (sepertinya) beda imigrasi beda kebijakan.

Kepikiran mau nulis ginian gegara kemaren ada keperluan buat nambah nama di passport sendiri, Awalnya ngira bakal passport baru, jebul namanya diketik/ditulis ulang di halaman endorsment. Sebelum berangkat gugeling dulu. Jebul ada imigrasi yang kalau mau nambah nama kudu pake surat keterangan dari travel dan ada juga yang tidak. Dan kebetulan imigrasi yang kudu didatangin minta surat keterangan travel. Sedang saya ndak punya. Baca-baca lagi nemu halaman komplen terkait ini di SINI. Tambah desperatelah. 

Terus kemaren cerita-cerita sama teman.

Cerita satu : teman mau buatin passport buat mamaknya. seperti kita ketahui buat bikin pasport pake surat nikah atau akte lahir. Surat nikah entah dimana karena memang orang jaman lawas. Akhirnya milih buat ngebuatin akte lahir saja. Dan ternyata entah piye butuh saksi. Si Mamak usia 80 tahunan. Para saksi kelahiran do sedo atau wes almarhum semua. 

Cerita dua : teman mau butin mamaknya passport juga. persyaratan sudah lengkap. dan ketika sudah giliran dia antri. berkas dicek ada satu masalah. ternyata masalahnya KK sudah harus yang ektp. KK si mamak belum ektp. Jadi kudu pulang ngurus KK ektp sek. dan entah urus passportnya harus pending berapa lama nunggu KK ektp kelar.  

Atau komen temen yang jadi cerita tiga : dulu sering ngurusin passport, kasian orang tua jaman dulu yang gak punya akte lahir, surat nikah gak berstempel jadi buat buku nikah baru yang ada stempelnya, tambah nama tapi gak tau nama bapak ato kakeknya. akeh dramae pokoke

0 comments:

Post a Comment

Komen pakai Hati ya...:)

 

Me n My Ego Template by Ipietoon Cute Blog Design