Monday, August 20, 2012

pertanyaan ponakan tentang mimpi basah

setelah lebaran hari pertama terlewati dengan beberapa drama pertanyaan kapan dan kapan. sore ini menjelang adhan maghrib seru-seruan bercengkrama dengan beberapa ponakan. dan ponakan saya ini demen banged streaming cheribel di youtube. hadeee… anak jaman sekarang.

dan entah ada angin apa ada ombak, tetiba si ponakan cowok yang baru kelas 4 sd nanya. lek phies, mimpi basah itu apa sih? saya yang kaget setengah mati butuh waktu sejenak buat nyerap pertanyaannya. tak tanya balik : emang izzul tahu mimpi basah itu dari mana? kok tiba-tiba nanya gitu sama lek phies?. tahu dari buku fikih aku lek. he? di fikih sudah diajarin? saya kaget sih. cuman nahan diri biar ekspresi ga lebay depan ponakan. ) tetiba kakak ipar saya lewat. ituloh dek, gegara dia lihat di buku fikih ayahe. di diniyah pelajaran fikihnya masih ndak jauh-jauh dari pelajaran sholat. ndak ada itu mimpi basah sek an.

kepala saya langsung berputar. piye cara jelasin sesuai dengan nalar ponakan saya yang masih sd. ndak mungkib saya njelasin secara gamblang mimpi basah itu apa secara saya ndak pernah ngalamin. *eh )

di sebelah saya selain ada izzul si penanya juga ada izzi kakaknya yang juga anteng semangat nungguin penjelasan lek phies yang benernya agak kelimpungan jugak. )

akhirnya tarik nafas. dan taraaaaaa… mimpi basah itu pertanda kalo udah baligh buat lelaki. dan kalau buat perempuan itu ditandai dengan haid atau mens. jadi kalau izzul nanti sudah mimpi basah. dan kakak izzi sudah haid. itu tandanya kalian berdua sudah baligh. sudah gede. sudag dewasa. kalau izzul ndak sholat dosanya ditanggung sendiri sudah. berarti kalau skarang izzul ndal sholat ndak dosa lek? ya ndak gitu juga. kan tetep kudu dibiasain dan belajar dari sekarang.

kalau izzul udah baligh. ntar ndak boleh lagi. lari-lari dari kamar mandi ke kamar ndak handukan. ndak boleh lagi malea nutup kamar mandi kalo mandi. masak ndak malu diliat sama lek phies. celananya juga yang agak panjangan jangan kayak sekarang yg jungkir balik sepaha. hehe.

terus kira-kira kapan aku lek mulai mimpi basah?. mimpi basah itu kayae usia 10 tahun keatas. berarti aku mimpi basah tahun depan dong lek? saya cuman senyum-senyum. )

ndak bayangin kalau tetiba si izzul nanya yang mimpi basah itu yang gimana? ) mimpi basah itu pas tidur mimpi ujan-ujanan. mimpi berenang. )ternyata punya ponakan yang mau beranjak remaja itu penuh dengan tantangan. ndak bayangin kalo saya menjawab mimpi basah secara vulgar dan ndak mencoba menekankan nilai-nilai agama di dalamnya. sekarang saya cuman berharap ponakan saya paham apa yang saya maksut. )

sekian.
pamekasan. lebaran hari pertama

0 comments:

Post a Comment

Komen pakai Hati ya...:)

 

Me n My Ego Template by Ipietoon Cute Blog Design