Thursday, May 21, 2015

Dieng Culture Festival (2014)

Make a wish dulu mbak, sebelum nerbangin lampion *eh 
Kemaren di path ngelihat postingan temen yang berisi gambar flyer Dieng Culture Festival 2015, dan tetiba baru sadar, ternyata Dieng Culture Festival 2014 sudah setahun yang lalu. 

Setahunan lalu dapat flyer juga dari japrian seorang teman, yang berisi ajakan buat nemani ke sana. Dan semua pritilan dia yang ngurusin, mulai ticketing sampai penginapan. Saya sih iya-iya saja wong tinggal terima beres. Tapi ternyata sama memang bukan tipe orang yang mempercayakan segala sesuatu hal 100 persen kepada orang lain. Akhirnya saya browsinglah sana sini hingga kemudian mengikuti perkembangannya via twitter. Pas saya mastiin lagi, katanya temannya dia yang juga teman saya yang akan ngurusin semua, secara si teman tinggal di Wonosobo. Dan ternyata ber-ending kehabisan tiket. saya sempat bersungut, tahu gitu mending ngurus sendiri. tapi ya sudahlah. (haha)

Dan beberapa waktu setelahnya, ada teman japri nanyain kepastian saya datang ke Dieng Culture. Katanya kalau saya jadi datang, ada teman lain dari Jakarta mau ikutan gabung. Kemudian saya menceritakan semua kronologinya dan ternyata teman saya memiliki ide cemerlang. Tetap aja datang ke Dieng Culture nanti pas di sana beli tiket masuk saja, karena katanya di Dieng Culture tahun sebelumnya bisa begitu. Tetap bisa masuk Dieng walau tanpa punya tiket paketan acara Dieng Culture. Saya bilang aja kalau begitu ayo berangkat saja. Gimana-gimananya lihat nanti saja. Kalau ndak bisa masuk Dieng, ngecamp di Prau ataupun Sikunir tak apa. 

Dan ternyata ketika saya ngasih tahu teman yang ngajak saya ke Dieng Culture pertama kali, dia katanya ndak mood berangkat. Ya sudahlah.. untunge saya bukan tipe orang yang terlalu menggantungkan diri ke orang. Apalagi perkara jalan-jalan. Saya jarang sekali batal berangkat hanya karena teman saya yang ngajak batal berangkat. Kecuali memang pas teman saya batal juga pas lagi ndak mood. (haha)

Dan untunge teman-teman naik gunung saya, pas tahu saya mau ke Dieng Culture langsung semua menyatakan mau gabung. Ada Adi, Rika dan Umam yang bahkan sudah menyiapkan lampion sendiri karena otomatis di Dieng nanti kita ndak dapat lampion. Ya iyalah, bayar tiket sepuluh ribu perorang saja minta fasilitas banyak. Terus ada mbak Dian yang nyusulin dari Jakarta, Ada pasangan Dhanny dan Peppy dari Jogja. Dan saya otomatis default sendirian dari Surabaya. Di Semarang kayak biasanya dipungut mbak Nina. Jadi akhirnya kita bersembilan ke Diengnya. 

Dan perjalanan menuju Dieng pun penuh dengan perjuangan. Perjalanan Semarang-Wonosobo yang biasanya sekitar tiga jam membengkak menjadi enam jam. Belum lagi yang Wonosobo-Dieng biasanya sekitar satu jam membengkak hampir tiga jam. Macetnya ampun-ampunan. Jadi sempanjaang jalan sudah seperti ular besi saja. Mana kondisi jalan yang terjal bikin agak ketar ketir juga. Dan kita baru sampai Dieng menjelang maghrib. Bahkan hari sudah gelap. Dengan orang berjubel memenuhi kawasan Dieng. 

Sesampai di Dieng hari sudah maghrib, dikarenakan belum tahu mau ngecamp di area mana. Akhirnya kita makan-makan dulu di sebuah warung sembari memperhatikan situasi sekitar yang penuh orang berjubel tur gantian sholat Maghrib. 

Ada empat tipe pengunjung Dieng Culture Festival saat itu.
Pertama : Pengunjung yang menggunakan tanda pengenal serta kaos warna hitam bertuliskan Dieng Culture. Ini pengunjung dengan kelas festival
Kedua : Pengunjung yang menggunakan tandak pengenal serta kaos hitam bertuliskan Dieng Culture disertai selendang motif jarik. Ini pengunjung kelas VIP
Ketiga : Pengunjung yang menggunakan tandak pengenal serta kaos hitam bertuliskan Dieng Culture disertai selendang motif jarik plus nenteng-nenteng goodie bag. Ini pengunjung kelas VVIP
Keempat : Pengunjung yang manggul-manggul ransel. Wajah kumus-kumus. Belum mandi seharian. Itu.... itu adalah sayaaaaaa (haha)

Ndak berapa lama kemudian ternyata acara lampion sudah dimulai. Sayang kamera hape ndak bisa ngapture dari jarak jauh, jadi ndak bisa mengabadikan momen lampion yang sudah beterbangan. Gambar di bawah ini adalah sebagian sisa-sisa acara lampion ketika kita menuju lokasi camping area.

Ternyata camping areanya agak jauh di belakang. Dari candi Arjuna masih lumayan berjalan lama. iya lama, soalnya yang namanya manusia waktu itu sudah semacam kayak dawet yang berjubel. eh tapi ternyata begitu sampai di camping area, ndak terlalu rame. sepertinya para pengunjung lebih memilih tinggal di penginapan dibanding camping area. Mungkin karena kondisi kemarau, jadi yang namanya Dieng sudah masuk kondisi yang dinginnya amit-amit. Sore saja waktu dijalanan masih antri kita kalau ngobrol sudah ngeluarin asap kayak ditifi-tifi saking dinginnya.

Candi Arjuna berlatar perpaduan cahaya dari panggung jazz dan lampion
Begitu mendapatkan spot yang enak buat mendirikan tenda, kita segera mendirikan tenda karena saking dinginnya dilanjut acara masak-masak tur dinner. Dan ndak kerasa waktu sudah beranjak tengah malam. Pertanda Jazz di atas awan sudah dimulai. Akhirnya saya, mbak Dian, Umam, Adhi, dan Rika melipir ke lokasi jazz. Sedang yang lain memilih untuk menghangatkan diri di tenda.

Camping Area

Lokasi Jazz sudah penuh orang berjubel sambil nyemil-nyemil menghangatkan diri, karena waktu itu kita ndak bawa cemilan tetiba segerombolan mas-mas nawarin kita cemilan. Sepertinya si mas-mas lokal kalau dari pacaan kostumnya. Lumayan sambil dingin-dingin nikmatin musik sambil nyemil-nyemil. Awalnya masih sungkan-sungkan buat ikutan nyemil tapi lama-lama kok habis banyak. (haha)
Satu setengah jam kemudian saya memutuskan balik ke tenda. Badan dan mata ndak kuat capek. Saya lelaaah... Lelah hati dan perasaan... Laaaah?? (haha)

Jazz di atas awan
Suasana menghangat dengan adanya penerbangan Lampion
Begitu sampai tenda, ternyata teman-teman yang lain belum pada tidur malah masih asik masak-masak. Karena mata beneran ndak kuat saya lebih memilih gelundungan berkemul sleeping bag. Baru tidur bentar saja mendadak sudah pagi. omoo.. begitu keluar tenda buat ke kamar mandi dilanjut fast subuh-an, Embun Upas di mana-mana, putih dimana-mana. Embun Upas adalah embun yang membeku menjadi butiran es. Banyak yang mengabadikan moment ini buat foto-foto biar kerasa kayak luar negeri. Kekekeke. Saya mah hanya moto embunnya, sudah ga keburu buat poto selfiean (haha)

Embun Upas di Rerumputan

Embun Upas di Pohon Cemara
Untuk prosesi ruwat rambut gimbal.... tobe continued (hassle)

4 comments:

  1. Saya malah blm pernah ikutan meski sempat tinggal nggak jauh dr lokasi haha

    ReplyDelete
  2. Eaaa...akhirnya publish jugak, selak dieng cultural festival 2015 dimulai, haha
    Dan akhirnya saya batal mengunjungi dieng, padahal lek takon ae koyok wartawan, sampe insomnia mikirin dieng demi si *tetot* wkwkwkwk

    ReplyDelete

Komen pakai Hati ya...:)

 

Me n My Ego Template by Ipietoon Cute Blog Design