Thursday, April 26, 2018

(Pilgrimage) Jalan-jalan ke Korea, abis berapa?


Jadi kemaren abis dapat banyak japrian, yang isinya kira-kira begini :

  1. Ih mbak chop udah ke korea aja
  2. Abis berapa mba ke koreanya?
  3. Apdet-apdet dong mba, piye ngurus visanya.
  4. Eh mbak chop itu jalan sendiri apa ikut travel mba?
  5. Mba chop kemana aja itu? Kayake seru banged. Ku jadi pingin juga. Padahal biasanya liat orang ke korea ku boasa aja, gara-gara postingan mbak chop ku jadi pingin juga.
  6. Naik apa mba ke koreanya? Enak ta pake AA?

And mostly pertanyaan terbanyak itu abis berapa? Gimana ngurus visanya?

Terus saya jawabnya gimana? ada yang saya jawab seingetnya karena emang belum totalan secara utuh, ada yang tak jawab ga sampe jual kosan. =))

Oke mari kita mulai dengan mukaddimah dulu ya...

Keinginan ke Korea itu sudah lama banged, tapi baru beneran diniatin deal jadinya adalah sekitaran bulan oktober/nopember.

Waktu itu yang saya lakukan pertama kali adalah cari partner jalan (ga berani sendirian euy ke koreanya). Nah, syarat partner jalan saya yang utama adalah punya misi sama. Sama-sama suka kekoreaan, kedua bukan menomorsatukan kenyamanan, ketiga sekufuk dalam finansial. Ga lucu kan? Kalau saya budgetnya ketat, tapi temen ndak. Nanti yang ada bisa gegeran terus. Misal saya mau naik maskapai low budget, terus teman maunya maskapai ndak low budget. Yang ada jadinya ga berangkat-berangkat. :joy::joy:

Setelah fit and proper test (halah bahasanya) akhirnya dapat temen juga. Yaitu mba Retna (kakak kelas di kampus). Misi di atas kita sama, cuman simbak nambah satu lagi persyaratan, mau asal pas cherry blossom. Cari-carilah kita info tentang cherry blossom itu bulan apa. Dan ketemu sekitaran awal hingga pertengahan april. Yang mana sakura lagi mekar-mekarnya.

Karena blank mau gimana-gimana, akhire kita berdua sepakat mau ikutan open trip aja. Ubek-ubek IG, banding-bandingin beberapa jasa open trip. Dan pilihan trip jatuh pada tlwprojects (TLW. red). Kebetulan jasa trip ini info awal saya dapat dari seorang teman, baru kemudian cek IGnya. Tapi ndak langsung mutusin. Sebelum pilihan jatuh ke tlw kita, saya sama mb retna sempet banding-bandingin sama jasa trip lain. Bandinginnya ndak cuman terkait harga, tapi juga terkait destinasi, visa, DP (untuk tlw ini DP bisa nyicil via tokopedia)  serta misal kalau visa ndak diaprove terkait pengembalian dananya.

Terus di TLW kena berapa? Kita waktu itu ambil paket all in. Senilai 8.850.000. Terus dapat apa aja?
  1. Pengurusan Visa sebesar Rp800.000. Untuk kelengkapan berkas nanti menjelang pengurusan akan diwhatsapp persyaratannya apa aja. 
  2. Tiket pesawat air asia senilai 4 juta (Kalau misal extend dan harga tiket naik, otomatis kita nambah ke mbak TLW) O iya. untuk AA ini yang AA umum ya. Jadi bagasi hanya 7 kg untuk kabin dan ndak dapat makan. Kalau misal mau nambah bagasi plus makan bisa sekalian nambah ke mbak TLW atau bisa juga nambah sendiri via web atau aplikasi AA
  3. Tiket ke Namsan dan Nami
  4. Emoney senilai 20.000 krw
  5. Penginapan kelas homestay + sarapan sederhana semisal kopi, mie gelas atau super bubur.
  6. Tidak termasuk makan (jadi kita bebas mau eksplor makanan aja. Mumpung lagi ke Korea kan? hajar aja makanan apa yang dipinginin) dan biaya pribadi lain.  

Terus selain dapat apa aja? mbak chop kemana aja? Jadi kemaren itu kita ke (cerita lelebaiannya satu paragraf aja ya. Cerita lebaian panjang nantik bikin satu serial tulisan aja. untuk ini mari kita konsen ke budget dulu jangan blakrak kemana-mana) : 

Susu Pisang yang heits bianged gara-gara Lee Min Ho. Harga 1300 KRW

Hari pertama sesampainya kita di Incheon, kita dijemput sama mbak dari TLW (mbak TLW : red). Sehabis jajan-jajan lucu di gerai macam alfamart kita langsung menuju ke penginapan menggunakan MRT. Kita istirahat dulu barang sejam dua jam. Dilanjut menuju ke Seokchon Lake demi ngejar festival cherry blossom. Agak berubah dari tujuan awal yang harusnya ke Itaewon. Di sini kita puwas banged menikmati sakura bermekaran di mana-mana. Ngelilingin danau yang sepanjang jalan kenangan penuh dengan sakura. Kayak di drama-drama gitu de. ada yang jualan cotton candy juga. Sehabis dari Seokchon Lake kita bergeser ke arah Dongdaemun Design Plaza and Park sampai malam. Nah di Dongdaemun Design Plaza and Park ini kalau mau belanja-belanja banyak tempat belanjaan dan juga jajan-jajanan sreet food. Mau mlipir ke Migliore bisa, mau hanya pepotoan lucuk sambil ngopi-ngopi sembari nunggu LED Roses nyala juga bisa. Selain itu di Dongdaemun kita bisa juga wisata arsitektur. Bangunannya bagus-bagus euy!!

Cherry Blossom dimana-mana
Dongdaemun Art Hall

Pedestriannya luas banged yaaaa....

udah kayak di drama-drama pas ngesaranghae oppa belum? 

Hari kedua kita bergeser ke Gapyeong terus nyeberang ke Nami Island. Ndak kaffah rasanya kalau ndak foto di patungnya Winter Sonata atau foto ala-ala drama korea. Sepulang dari Nami kita bergeser ke Petite France. Dan.... Cherry blossom masih di mana-mana. di bus saya eman-eman ndak tidur demi ngerekam cherry blossom sepanjang jalan. Terus ahjusi drivernya juga ramah kan. Ahjusinya bajunya rapi kayak orang kantoran, terus pakai sarung tangan kalau nyetir. Terus di perhentian yang agak lamaan, si ajussi lepas sarung tangan sambil membungkuk dan bilang kamsahamnidaaa... 


Gangguin winter sonata couple di spot seribu ummat

Rame euy
 
sepeda yang dipakai shooting winter sonata.

cherry blossom masik dimana-mana


pink cherry blossom di petite franch

Parkiran pun penuh cherry blossom

Jalananpun masik penuh cherry blossom
Hari ketiga kita bergerak ke Gyeongbok Palace, Bukchon Hanok Village, Insadong. Terus setelah siang menuju sore till drop kita bergeser ke COEX Mall, Starfield Library, SMTOWN @ COEX Artium. Demi menyalurkan jiwa fangirling kan. O iya, untuk masuk Gyeongbok Palace itu ternyata bayar. Tapi karena kita pakai hanbok jadi free deh. Untuk Hanbok kita sewa sebesar 10.000 krw selama dua jam. dan ini diluar jasa TLW untuk sewa hanboknya jadi bayar sendiri. Dan untuk kalian fansnya artis-artis SM, siapin kocek yang banyak yaaaa... karena ternyata barang-barang pernak perniknya SM itu walai cilik-cilik jebul ternyata mahal. (Untuk ukuran sayah) dan untungnya saya ya biasa aja sama artis-artis SM. Jadi di sini cuman muter-muter liat-liat pernik-pernik terus foto-foto di luar. 
  
Di depan gerbang Gyeokbong sisi sini, mas polisinya modern seragamnya. Yang sisi sana seragam tentara jaman baheula. Btw bunganya itu asli loh. bukan bunga plastik. dan btw kenapa sebelah sana juga banyak polisi? yak Betul!! jagain kedutaan US!! =)) 

patung King Sejong, Raja penemu huruf Hangeul dari dinasti Joeseon. Kalau mau tau rajanya ganteng di Splash Splash Love. Yaiyalah.. si Dojoen personel The Beast =)) 

Di sini sering terjadi demo, karena sisi depan sini adalah kantor pemerintahan 

lagi mikir ide, mau nari ala boombastic nya park bo gum. apa ya pose poto biasa aja. =)) ini tempat shooting teaser bombastic Love in the moonlight

Gyoekbong Palace

Cherry blossom masik memenuhi istana
 
ada eonnie nyari oraboni =))) 
 
Penjaga gerbang. pada jam-jam tertentu ada ceremony penggantian pengawal kayak jaman Joesoen. dan Alhamdulillah pas kesini pas ketepatan sama jam ceremony penggantian pengawal
 
Detil atap rumah Hanok

Kalau di sini ini pasti wes ada tulisan PU Binamarganya. Mungkin itu juga gitu ya? tapi dalam huruf Hangeul

Bawahnya rame. moto atas saja

akhirnya dapat spot sepi =))
 
dari Buckhon jalan kaki menuju Insadong

Insadong : Time to Belanja!!
 
Starfield Library dari lantai 2. Berharap mendadak ada Son Oh Gong mau ngaktifin Gem Gang Go atau oppa Yo ah In di Chicago typewriter =))) 

Time to ngefangirl!! =)) 

Exo L

Action Figure-nya EXO

Action Figure-nya SUJU
Hari keempat kita pindah ke Itaewon (Masjid Agung Seoul) terus ke Line Store. Namsan tower di sini kita naik cable car, terus mendadak bayangin Son Oh Gong muncul, terus saya nanya? Am I Yippo? terus mas Oh Gong nanya, Yo're yippo, Saranghanika. hahaha... terus salju turun, kekuatan Gemganggo membeku. mbak.. plis mba hentikan halunya. =)) selesai berhalu-halu ria tentang Oh Gong, lanjut berhalu-halu ria ke rumahnya Ho Jon Jee. Benernya ndak tahu juga ini beneran rumah Ho Jon Je apa bukan, tapi pas di cable car kita heboh kek orang edan yang udah macak kayak detektif menelisik dari semua pojok sisi dan yakin itu rumah Ho Jon Je aka Lee Min Ho di Legend of the Blue Sea. Foto-fotolah kita sembari nunggu si mamas pulang wamil yekaaaan?? =)) 


Masjid Seoul; ini pernah muncul di drama yang kapan hari mengundang kontroversi.
 
Suasana jalanan Itaewon
 
Mumpung belum buka, narsis dulu =))

Brownie Saranghae apa jaluk duit mba? =)) 

Tangga line Storenya lucuk

Jajanan di Line Cafe

Kuhanya beli copi eh kopi! =)) 

Seoul dari Namsan Tower 

Jangan galau eonnie!

Namsan Seoul Tower, tanpa difilterpun sudah cantik!
 
Uri Eonnie!!

Masik ketemu Cherry Blossom! Daebak!! 

Pasti ini salah satu member ARMY!!

Gerbang Rumah Ho jon Je!

Rumahnya Ho Jon Je!
Selesai sudah berhalu-halu ria, waktunya shopping till drop di Myeong Dong. Yeay! dan buat kalian-kalian yang sudah kehabisan duit karena ga bisa ngontrol jajan-jajan dan belanja. Di toko-toko skincare di sana bisa gesek pake ATM kok. Khususnya kalau saya kemaren ATM Mandiri. Terus ratenya juga lumayan hanya 13 rupiah untuk 1 KRW. Atau kalau misal terpaksa narik atm karena wes beneran ga ada duit kecil buat jajan-jajan lucuk bisa juga tarik tunai ATM. ratenya 13.5 rupiah untuk 1KRW dan kena biaya 20 ribu rupiah. Masik lumayan juga dibanding waktu berangkat, saya nuker di money charger nitip teman sini di surabaya ratenya kena 13.9 rupiah per 1 KRW. 

Hari kelima, kita acaranya free tanpa tour guide. Karena siangnya sudah menuju ke Incheon dan sore sudah flight balik ke Indonesia. 

Terus untuk makan gimana mbak chop? Karena makan diluar jasa mbak TLW, berarti makan dari duit sangu kita sendiri dong ya. Dan selama di Korea nih bisa dibilang makanan di sana cukup mahal, dengan porsi yang besar-besar. Terus ga semua tempat makan bisa sharing. Kita baru nemu tempat makan yang bisa sharing di dekat penginapan aja. waktu itu kita habisnya 42.000 KRW berenam. yang kalau ambil rate tengah-tengah sebesar 13.5 rupiah per 1 KRW jadi sekitar 567.000 rupiah dibagi enam. 

Ini kita sharing berenam. Dua porsi ayam berbeda, sama tengah itu Rabboki alias gurita goreng

Ayam Barbeque sepulang dari Nami Island

Side dish yang selalu ada

Samgatyang; ayam utuh sebiji. dalamnya ada semacam nasi yang lebih kayak ketan. terus ada cacahan ginsengnya sama ada kurmanya juga.

Bibimbab dan side dishnya saya banged ini! =)) 

Untuk makanan ndak sharing kemaren termurah saya makan bibimbap seharga 8.000 KRW (sekitar 108.000 rupiah) terus termahal pas makan samgatyang seharga 15.000 KRW (sekitar 202.500 rupiah) terus di nami sempat makan ayam barbequean seharga 12.000 KRW (sekitar 162.000 rupiah). Anggap aja rata-rata sehari abis 10.000 KRW (sekitar 135.000 rupiah) aja ya untuk makan. Ini makan siang aja loh. belum sarapan dan malam. Kalau saya untuk ngehemat paginya sarapan mie gelas dan kopi wes cukup di penginapan. untuk malam tergantung, lebih seringnya ndak makan. Karena wes kenyang siangnya makan porsi besar. terus selama jalan juga kadang masik jajan street food seharga 3.000 KRW dan buat ngemat lagi, buat street food bisa sharing juga sama temen. Terus saya juga suka nyoba jajan kopi di kedai-kedai yang tak lewati. Harga kopi rata-rata antara 4.100 KRW sampai 6.100 KRW. Ambil aja tengah-tengah ya, seharga 5.000 KRW ( sekitar 67.500 rupiah). 

jadi anggaplah untuk makanan abisnya sekitar 10.000 KRW + 5.000 KRW + 3.000 KRW total 18.000 KRW ( sekitar 243. 000 rupiah) dikali lima hari sebesar 90.000 KRW (sekitar 1.215.000 rupiah) ini bisa dihemat lagi tanpa beli kopi bisa sekitar 13.000 KRW x 5 hari x 13.5 rupiah = 877.000 rupiah. 

Jadi pengeluaran (1) = Jasa Mbak TLW + Makan + Sewa Hanbok = 8.850.000+1.215.000+135.000 =10.200.000 (+/- 10 Juta Rupiah) 

O iya, biaya ini biya dari Soetta ke Korea ya. Jadi otomatis bakal ngeluarin biaya lain lagi dari masing-masing daerah menuju Soettanya. Kalau kemaren biaya tambahan saya adalah :
  1. Tiket Sub-CGK PP Rp 881.000 (Citilink dan Lion booking di tiketdotcom)
  2. Bagasi Air Asia PP CGK-ICN = Rp 774.000 (Berangkat sharing sama temen 20 kg dibagi tiga, terus pulangnya 20 kg buat sendiri) 
Jadi Pengeluaran (2) = Pengeluaran (1) + Biaya non teknis diluar TLW = Rp 10.200.000,00 + Rp 1.665.000 = Rp 11.855.000,00 (+/- 12 Juta Rupiah)

Ke Everland demi bermandikan tulip :P

NgeFangirl part 2 di Kstar road!

CN Blue Doll!

Terus karena saya sama teman memutuskan extend 2 hari, biayanya juga jadi nambah dong ya. Tambahannya apa aja dan berapa aja? 
  1. Karena di tanggal kepulangan yang kita pilih tiket jadi Rp 5.300.000 ndak Rp 4.000.000 lagi. Tapi mbak TLW hanya mau ditambahin Rp 1.000.000,00 untuk tiket Air Asianya. 
  2. Top up emoney sebesar 20.000 KRW (sekitar Rp 270.000) untuk dua hari sekalian juga bisa dipakai buat bayar ongkos bus dari penginapa ke incheon sebesar 10.000 KRW
  3. Penginapan selama 3D2N sebesar 780.000. Kita pindah ke daerah Buckhon demi tinggal di rumah Hanok. Bookingnya via airbnb.
  4. Tiket Everland Rp 484.000 + Shutle Bus. Kita bookingnya via klook
  5. Makan 2 hari  = 18.000 KRW ( sekitar 243. 000 rupiah) x hari = Rp 486.000
  6. Penginapan di Jakarta. Karena pesawat baru sampai di soetta sekitar jam setengah delapan malam. Sudah ga kekejar pesawat paling malam. Ada sik, tapi garuda . Ini kita dapat penginapan di apartemen sekitar Rp122.000 ini sudah dibagi tiga. Kita bookingnya dari traveloka.
  7. Total No 1 s/d 6 = Rp 3.142.000
Jadi total pengeluaran sebesar = Pengeluaran (2) + Biaya Extend = Rp 11.855.000 + Rp 3.142.000 = 14.997.000 (+/- 15 Juta Rupiah) 

Ps : O iya, enaknya TLW itu, pas kita mutusin buat makai jasanya, maka simbak TLW akan ngirim surat perjanjian. Jadi bukan abal-abal gitu de. Dan kebetulan pas sudah fix mau pakai jasa TLW, ada temen satu lagi gabungan. O iya, kalau gabungan gini, surat perjanjiannya hanya satu, tapi teman yang lain bakal dapat lampirannya. 

3 comments:

  1. Buseeet....pantesaaan saldo tabungan....hikss
    ah sudahlah...macul lagi aja kita. Emang pas high season juga sih yak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jujur saya ketawa baca busetnya mbak Ratna =)))

      Mbak Chop durung nang YG mbaaak :p

      Delete

Komen pakai Hati ya...:)

 

Me n My Ego Template by Ipietoon Cute Blog Design