Tuesday, May 8, 2018

Gimana sholatnya di Korea?





Seperti kita tahu kan ya, korea bukan negara muslim. Karena memang mayoritas penduduknya ndak beragama islam. Sepertinya di korea ini agak riskan untuk tahu agama kalau bukan orang terdekat kita. Agak-agak pamali gitu. Karena memang agama adalah urusan yang sangat private. Dan hasil gugel saya malah menunjukkan sekitar sepertiga penduduk Korsel malah atheis. Penyebab terbesar sik menurut yang tak baca karena ketatnya sistem pendidikan sehingga mereka ndak ada waktu untuk ritual keagamaan. Kerjanya ya belajar dan belajar. 

Akan tetapi, walau korea bukan negara muslim, dia adalah negara yang ramah akan muslim. Apalagi beberapa tahun terakhir gencar buat menarik wisata dari asia. Istilahnya halaltraveling gitu ya. Dan tak sedikit iklan-iklan yang menunjukkan ini. Seperti foto saya di atas diterbitkan oleh KTO (Korea Tourism Organization) yaitu berupa Muslim Friendly Korea - Tourist Map. Isi petanya adalah berupa lokasi Masjid/ Musholla/ Prayer Room serta lokasi tempat makan yang halal. Selain berupa peta, disitu juga ada contact centrenya. 

Bahkan ada drama-drama tertentu yang menampilkan islam juga. 

Misal iklan halal food yang berupa drama miniseri yang dibintangin jiso berjudul Lunch Box. Bercerita tentang mas-mas korea yang suka sama mahasiswi asal indonesia. Demi menarik hati si mbak, si jiso ini selalu naruh lunch box di lockernya. Tapi si mbak ndak makan karena takut ndak halal. Akhirnya si Jiso ini cari-carilah apa itu makanan halal, kemudia belanjanya juga di toko/ convenient store yang memang spesialis jual bahan-bahan halal. endingnya saya lupa apakah mereka akhirnya jadian apa ndak. =)) 

Atau juga di drama yang heits kapan itu, Descendant of the Sun. Si Jungki sempat bilang InsyaAllah, serta juga ada scene ada mbak-mbak jilbaber gede yang menjadi salah satu korban runtuhnya tambang. 

Jadi buat kita yang beragama islam ndak perlu takut ntar di korea gimana. Akses untuk menjalankan sholat dan makan makanan halal tersedia kok. tinggal kita mau akses informasi yang ada apa ndak. lagian kan wes ada google ya.. tinggal google semua akses informasi yang kita pinginkan akan muncul ga sampe satu menit.

Untuk kemaren, saya sudah nyiapin peta di atas. Tapi untungnya mbak tlw pas itu langsung nanyain yang islam siapa aja? buat ngepasin spot tujuan sama waktu sholat. Otomatis di sini kita menjamak dhuhur-ashar. Flexible mana yang lebih memudahkan.

O iya, di Korea itu toiletnya toilet kering. Kita ndak akan menemukan jet washer di manapun. Adanya hanya tissu kering yang selalu tersedia di semua toilet. Sedang kita yang biasa gebyar gebyur pasti wagu kan ya? jadi jangan lupa untuk bawa air sebotol atau paling selalu siap sedia tisue basah. Dan satu lagu kalau misal ndak biasa wudhu di pagi hari, di Korea bisa dirutinkan wudhu tiap pagi kalau mau keluar. Jadi misal nanti mau dhuhuran terus wudhu (seperti tak sampaikan di atas toilet di korea ini kering) di wastafel, kita ndak perlu angkat-angkat kaki ke wastafel. cukup usapkan air diluar kaos kaki pas wudhu. Ini berlaku apabila kita sudah punya wudhu sebelum pakai kaos kaki, terus kemudian batal diperjalanan. (bisa digugel sendiri hukumnya gimana). Tapi ada kok tempat tertentu kita bisa wudhu dengan puas dan lepas kaos kaki. 

Mari kita bahas, di mana saja kita bisa menemukan prayer room selama saya kemaren di Korea. 

1. Nami Island

Nah di Nami Island ini kita bisa wudhu dengan puas. Airnya banyak dan tempat wudhunya bukan di toilet. Terus mushollanya juga gede. Bisa nampung lebih dari 20 orang sepertinya. Terus juga dipisah cowok ceweknya. Namun saya ndak paham apakah ada mukena di sini, karena saya memang make mukena punya sendiri. 

Lokasinya beradi di lantai 2, Nami Library. 

Penanda musholla 
Nami Library

Masjid Namira, Eh Masjid Naminara =)) 
2. Coex Mall, Starfield Libary

Saya lupa lantai berapa ini. Yang pasti dekat convention halnnya. Jadi kemaren itu kita naik lift. Lupa lantai berapa. =)) Ini pas wudhu di wastafel juga sungkan mau basah-basahin lantai. Jadine pake sistem usap kaos kaki saja pas wudhu. Mushollane lumayan cukup buat lima orang kayae. dan lumayan nyaman. antara cowok-cewek juga ada hijabnya berupa kain. 

Ada penunjuk arah kiblat. 

Ada hijab pemisah cowok cewek

Lokasi musholla dekat sini
3. Seoul Mosque/ Masjid Itaewon
  
Kalau ini pasti sudah tahu kan? Lokasinya di Itaewon. Dekat sama Line Sote tinggal jalan kaki saja. Nah saya ndak ngerti di sini apakah wudhunya bisa gebyar-gebyur. Karena waktu kesana itu pagi. Jadi pas masuk sini, hanya sholat tahiyatul masjid dan dhuha saja. Serta masih punya wudhu juga. Jadi semacam wisata syariah tur religi gitu. O iya, untuk jamaah perempuan ada di lantai dua. ga jauh beda sama masjid-masjid di Indonesia. Terus ada mukena dan mushaf juga. 

Penampakan Masjid Itaewon

Lantai 1
Quran Korea, terjemahannya pakai huruf Hangeul

4. Everland

Ini lokasinya agak nyempil. Deket roaller coaster kayu. Lumayan cukup untuk lima orang sepertinya. Pas itu di dalam musholla ini kerasa penuh. Karena barengan sama satu keluarga dari Malaysia yang juga mau sholat. Terus bisa wudhu dengan puas. Airnya banyak. Tapi toiletnya jauh. =)) 

Pas itu, pas lagi nunggu di luar, saya disamperin mbak-mbak cadaran celingak celinguk ke dalam musholla nanyain toilet. Dia bingung baca peta. terus tak tunjukin lokasi toilet di mana sama tak tanyain bawa tissue basah ndak? karena toilet sini kering semua. Terus simbak nanya saya dari mana. Kayae dia ngira saya sendirian. terus bilang saya keren. =))) 


Penampakan musholla. Kalau ndak merhatikan dengan teliti dan baca tulisan agak susah buat nemuin ini musholla. selain nyempil juga tak ada penanda kalau ini musholla selain tulisan Surau/ Prayer room

5. Busan Jib, Myeongdong

Kalau ini bukan musholla sik, tapi tempat makan. Tapi pemiliknya baik jadi kita bisa numpang shalat. Dan waktu itu, pas kita nanya di mana musholla terdekat si pemilik malah nawarin buat sholat di sini aja. terus si mas pelayan yang orang india, nyepak-nyepakke tempat buat kita sholat. 



0 comments:

Post a Comment

Komen pakai Hati ya...:)

 

Me n My Ego Template by Ipietoon Cute Blog Design