Wednesday, October 30, 2019

suroboyo bus; ketika sampah jadi alat pembayaran



sebenernya sudah lama ngerti kalau di surabaya ada bus sampah.
apa itu bus sampah? bus yang bayarnya pakai sampah plastik
waktu itu ya biasa aja. terus lebih ke skeptis.. yakin beneran bisa bertahan lama?
dan ternyataaa... saya salah. njir beneran bisa bertahan lama.
malah jumlah bus dan trayeknya nambah.


terus pernah malam-malam pas naik gojek, pas papasan sama busnya. dan saya terkesima.
njir! busnya bagus dan bersih. nyoba ah pan kapan...

seiring lamanya ndak papasan lagi, jadi lupa.
dan keinginan membuncah lagi ketika hampir tiap hari lihat bisnya lagi. dan gugeling saya. ternyata buka rute baru. rute yang tiap hari saya lewati. keinginan buat nyoba makin membuncah. jadilah saya kepo-kepo instagram terus kemudian install aplikasinya.

terus membulatkan tekad. sembari mengamati tiap hari. kalau saya ke kantor ngandelin bis ini. sepertinya bakal telat. kenapa? maceeet euy!

akhirnya berniat mau nyobain ketika pas lembur, jadi its oke kalau siang-siang.
tapi kemudian, niatan berujung wacana. kenapa? surabaya panas kayak neraka bocor! ga ada tenaga buat panas-panasan rasanya

dan kemudian menguap begitu saja. walau saya tetep masih rajin ngumpulin gelas plastik bekas kopi kekinian.

terus kemudian saya dapat whatsapp dari mas-mas hrd buat ikutan bimtek di daerah ketintang. dan sayaaa... waini! kesempatan sepulang dari bimtek saya bisa pulang pake bus suroboyo.

setelah cari info sana-sini terkait rute. saya nyiapkan gelas plastik kosong yang pasti kondisinya sudah bersih dong karena sudah saya cuci sampe kling. trus dari lokasi bimtek ke kos bakal melalui dua rute. rute purabaya-rajawali dan oper ke rute unesa-its. trus dari dan ke halte masih tetep butuh bantuan ojol juga. padahal benere bisa jalan kaki. cumaan... rasanya malas saja

and here we go!

selesai dari bimtek saya langsung pesan ojol dengan lokasi minta anter ke pusvetma. tapi kemudian saya bilang masnya, bahwa ga usah dianter ke dalam. saya turun pinggir jalan saja. yang ada tanda haltenya.

Naik dari halte pusvetma. Pas di halte ini saya ngeluarin gelas plastik saya, terus poto-poto. baru aja dapat dua jepretan eh busnya datang.

disambut ramah sama mbak helper, disuruh masuk dulu, naruh sampah plastik terus ditanyain mau turun mana? tak jawab : saya nanti mau ke its mba, bisa oper kan ya? simbak helper : oh bisa, nanti turun di halte kaliasin ya, bu

saya masuk dan alhamdulillah dapat tempat duduk. saya perhatikan sekeliling. wah beneran! interiornya bagus dan bersih. ndak kalah sama transjakarta dan bus di korea. suroboyo bus kerasa lebih lowong malah ya. ga umpel-umpelan walau ada juga yang berdiri.



baru aja ngelamun bentar eh sudah sampai saja saya di halte kaliasin.

dan halte kaliasin ini ternyata pas di jpo yang depan kfc dekat tunjungan plaza. sempet kepikiran mlipir tunjungan ga yaaa... berhubung ransel saya berat (yaiyalah.. bawa laptop dua biji di ransel) niatan melipir ku tunjungan hanya niatan.


dan ternyata di halte kaliasin ini saya lumayan lama hampir sejam lebih.

sejak jalanan masih siang sampai lampu jalanan nyala. dari masih sore sampak adzan maghrib menggema.


dan ternyata yang bikin lama itu, rute its-unesa adalah rute terpanjang. trus jumlah armada bisnya ndak sebanyak rute tengah kota purabaya-rajawali. pantesan yaaa... selama ngacang saya jadi korban php bus rute ini. bahkan selama saya nunguu di halte kaliasin, ada dua-tiga bus rute purabaya-rajawali lewat.


belum lagi bus tingkatnya ada lewat sekali. sepertinya pan kapan saya harus nyoba naik bus tingkat ini.

dan akhirnya bus yang ditunggu-tunggu tiba juga. naiklah saya bersama beberapa orang. dan beneran kerasa lama sik. selain rutenya yang muter sampe ketabang. juga kena macet.

ya kan bener kan... ini total time damagenya saya hampir dua jam. coba kalau naik ojol ga sampe sejam sudah sampe rumah.

terus kalau kata temen saya, perjalanan saya ini mahal.
bukan.. bukan.. bukan karena ada naik ojolnya.
yaitu gelas saya itu dari bekas gelas kopi kekinian yang segelas 30 ribu. jadilah yaaa... perjalanan ini seharga tiga ratus ribuu...




dan semua kekacangan lama terobati ketika sampe halte its ada mamang-mamang jualan pentol. ngepentol dululah kita..



terus-terus, selama ngacang di halte kaliasin jadi sadar. bersihnya surabaya bukan kaleng-kaleng gimmick media. aslinya bersih euy!!






Sekian

0 comments:

Post a Comment

Komen pakai Hati ya...:)

 

Me n My Ego Template by Ipietoon Cute Blog Design