Thursday, October 7, 2010

Rute Perjalanan ke Bromo

Gunung Bromo berada di kawasan taman nasional BTS (Bromo Tengger Semeru), untuk masuk kekawasan ini dikenai biaya sekitar Rp 4500/orang yang meliputi tiket masuk serta asuransi kecelakaan.

Setelah searching-searching di internet saya menemukan beberapa rute ke Bromo, ini saya kombinasikan dangan dua rute yang pernah saya lewati.

Rute pertama : Dari Pasuruan,
Dari Surabaya menuju Pasuruan terus kearah Tosari dilanjut ke Wonokitri lalu Penanjakan. Sebenarnya saya tidak begitu ngeh dengan rute pertama ini, karena dulu saya ketiduran di mobil..:D. Seinget saya dulu keluarnya dari Cemora Lawang menuju Tongas. Saya dan teman-teman kantor menggunakan rute ini sekitar bulan Juli 2009. Untuk perincian biaya saya juga kurang tahu karena waktu itu tinggal nerima beres dari kantor.

Rute kedua : Tumpang-Malang
Disebut juga rute pendaki karena menjadi rute menuju Gunung Mahameru. Dari terminal arjosari Malang menuju Tumpang terus dari sini ganti jeep off-road menuju Coban Pelangi, kalau waktu memungkinkan bisa mampir ke Ranu Pane, terus menuju Kaldera, Bukit teletabis, padang savana serta pasir berbisik, dilanjut nge-camp di penanjakan. Baru setelah mendapat sunrise baru turun ke kawah Bromo yang kemudian tetap dengan naik jeep off road perjalanan dilanjutkan menuju cemoro lawang guna ganti mobil pick up menuju mandakaripura dengan titikperpisahan terakhir di tongas.

Perincian Biaya:
1. Arjosari-Tumpang Rp 70.000/10 orang atau @Rp 7000/orang
2. Tumpang-Penanjakan-Cemoro Lawang by Jeep off Road Rp 900.000/10 orang atau @Rp 90.000/orang
3. Cemoro lawang-Mandakaripura-tongas by pick Up terbuka Rp 285.000/10 orang
4. Tiket coban pelangi Rp 40.000/10 orang
5. Tiket mandakaripura Rp 30.000/10 orang
6. Tiket Bromo Rp 32.000/10 orang
7. Parker jeep di penanjakan Rp 20.000
8. Uang kebersihan Rp 5000
Terakhir ke sini tanggal 2-3 oktober 2010 beberapa hari sebelum tulisan ini di posting.









Rute Ketiga : Dari Probolinggo,
Dari Surabaya (Terminal Bungurasih) kearah Prolinggo (Terminal Bayu angga) naik bis kecil menuju Cemoro Lawang, desa terakhir sebelum Bromo, setelah dari Cemoro Lawang tinggal sekitar 6 km menuju kaldera gunung Bromo anda bisa memilih jalan kaki, naik jeep off-road kalau dengan keluarga, naik motor, atau berkuda kalau tidak kuat jalan. Kelebihan jalur ini adalah anda relatif tidak berjalan kaki terlalu jauh, dekat dengan akomodasi dan sekaligus anda bisa mengunjungi air terjun Madakaripura.

Rute Keempat : Purwodadi atau Lawang-Malang,
Dari Surabaya kearah Malang turun di pertigaan Kebun Raya Purwodadi belok kiri kearah Kecamatan Tutur (Nongkojajar), atau kalau ingin menambah perbekalan dulu, gak ada salahnya turun di Lawang. dari Lawang juga ada angkutan yang menuju Tutur (Nongkojajar).

Sepertinya rute ini paling asyik untuk backpacker yang dananya relatif kecil, kalau anda punya rencana jalan kaki (hiking), jalan malam hari sambil melihat bintang (bahkan bintang jatuh) atau bahkan memakai kendaraan roda dua, disini anda bisa mampir dulu di agrowisata Apel Sugro kemudian jalan pas senja, melewati hutan. Kalau toh anda tidak mau melewati hutan sebaiknya anda terus menuju ke Tosari dan menuju ke Penanjakan, tetapi anda dapat juga memotong kompas menembus hutan dan berakhir tepat dibawah lereng . Bila anda berangkat malam hari dari Tutur tiba ditempat ini kurang lebih 4 jam jalan kaki.

Kelebihan jalur ini adalah, anda bisa bisa mampir dulu ke Taman Safari Prigen atau satu paket dengan wisata di Malang.

referensi dari yoxx.blogspot.com

10 comments:

  1. keren2 fotonya mba..
    kemaren ke semeru ga sempet mampir skalian ke bromo. next time semoga bisa. thanks rutenya, sangat membantu :)

    ReplyDelete
  2. sama-sama mbak...abis dari semeru? aku mei abis dr ranukumbolo-nya mbak...belum kuat sampe puncak..:D

    salam kenal ya mbak..

    ReplyDelete
  3. iya, baru dari Semeru 18-22 sept kmrn.
    salam kenal juga. eh Mahameru luar biasa lho. harus sampe sana :D

    ReplyDelete
  4. iyahhhh......keren sangadh.....one day...harus sampe sana...ga tak cuci sleeping bag ku sebelum kena abu semeru....hehehehehe

    ReplyDelete
  5. @majid...one day..insyaAllah balik bromo lagi kok...:D

    @very...pas ramadhan gini??? mau berlebaran disana?? :D

    ReplyDelete
  6. mas nanya nih,,,
    kl rute ke 4 (dr lawang) kendaraan pribadi roda 4 bisa naek g?

    ReplyDelete
  7. ad rincian lagi klo dr prblgo ?
    cz rncna.a lbur.n ini mau brgkt m tmn"

    ReplyDelete

Komen pakai Hati ya...:)

 

Me n My Ego Template by Ipietoon Cute Blog Design