Thursday, January 10, 2013

2012, travel's note

judul boleh travel's note, tapi isinya kebanyakan naik gunung 

1. bulan maret naik gunung sumbing edisi hore sama teman-teman dari komunitas gerakan peduli lingkungan. it's been a year sejak saya naik bareng mereka. o iya, buat yang nanya apa itu gerakan peduli lingkungan atau biasa kita nyebutnya GPL bisa baca-baca di sini, di sini dan atau apabila mau gabung di group facebooknya bisa di sini. atau gambaran umumnya gpl adalah sebuah gerakan sederhana mencintai bumi. jadi tiap ada agenda jalan-jalan entah naik gunung atau ke pantai akan selalu ada yang namanya bersih-bersih. terus kalau di gunung kita selalu membawa sampah turun tanpa membakarnya di atas. jadi edisi naik gunung sumbing juga karena ada agenda bersih-bersih gunung di dalamnya. 

ini naik gunung saya pertama kali di tahun 2012 yang juga bisa dibilang ini sebuah pemanasan, buat pendakian-pendakian selanjutnya. o iya, naik gunung bersama teman-teman gpl kita ndak selalu mengejar puncak. karena agenda utama adalah bebersih gunung. tapi ketika mendapat puncak, itu hadiah kita, bonus kita. dan alhamdulillah saya dapat hadiah ini walau dengan ngesot-ngesot sampai betis kaku. beckam aja kalah sama betis saya. ini cerita horenya. 


its a present!

treknya bikin nangis =))

cantik banged! o iya, deket sini ada sumber air yang segar banged!

sepertiga bukit teletabis

trek berbatu dan langsung nanjak

2. april 2012, nyelam-nyelam cantik di segara anakan pulau sempu. and i called it : Another journey to another (un)hidden paradise, kenapa nyebutnya (un)hidden paradise? yeach.. karena sempu sendiri cantiknya minta ampun. sebuah segara yang berada di balik bukit. belum lagi ke sininya dengan medan track yang juga ampun-ampunan. namun berasa ketemu surga di baliknya. di sempu selain nyelam-nyelam cantik biasanya para pengunjung naik ke atas tebing di sebelah kiri atas, yang seberangnya itu sudah laut selatan. dengan hembusan ombak terjal menghantam tebing. so scary! namun yang cantik ternyata ndak cuman sisi sini, tapi ada sisi lain di sebelahnya. naik dikit ke atas bukit. naiknya juga scarry. saya mungkin ndak berani naik kalo ndak di bantu mas nanang yang merelakan tangannya untuk saya injak karena saya ndak berani naik. 



sisi bukit sebelahnya lagi yang sangat cantik. sempu rasa raja ampat.
sisi bukit karang terjal yang seberangnya sudah langsung laut selatan

3. mei, lost in tegal panjang, lost in papandayan. kali kedua ke bandung setelah pertama dulu ke sininya dalam rangka studi ekskursi. sedang kali kedua dalam rangka mampir sebentar sebelum naik ke papandayan (sempat sarapan gorengan sama dapit dipinggir jalan. sembari nunggu disamperin kang mugni yang berencana kopdar, yang malah berujung dianterin hingga ke tegalega dan ditemani sarapan. haturnuhun kang). dan menghabiskan waktu semalam di bandung seturun papandayan (kopdaran sama te nana dan dinni di warung ngebul vabyo, waktu itu juga tetep sama dapit selaku guardian setia selama trip ini. yang juga sempet membuli lia buat ikut nemeni kita. yang besoknya kopdaran lagi sama mirna. menikmati soto sembari car free day di dago. nonton parade musik bambu. berburu oleh-oleh ke kartikasari yang pulang-pulang sukses bawa jajanan banyak kayak orang city tour bukan naik gunung. but.. hey.. ada rencana ke bandung lagi, pingin ngopi di KKMA =D). 



lost in tegal panjang, lost in papandayan ini saya juga ikutan pendakian sebuah komunitas online. namanya myQpala, semacam anaknya forumnya myQuran.org. berawal dari ajakan dapit, sebenarnya bukan ajakan, lebih ke rayuan biar saya ikut, la piye? andalannya dia, dia ikut kalau saya ikut, anak orang jal. piye nasibe kalau saya ndak ikot *mendadak lebai* . padahal aslinya saya yang mudah tergoda akan ajakan trip apalagi kalau berbau gunung. naik papandayan via tegal panjang yang cantik macam oro-oro ombo kalau semeru. melewati hutan hujan tropis dan saya menemukan kayak gini lagi di tambora. kalau tambora itu hutan hujan tropisnya perpaduan papandayan via tegal panjang sama trek ke sempu. yah.. punya keseruan masing-masing.


kebun teh yang keliatan seperti bukit teletubbies





lewat sini sambil pakai masker, bau belerangnya ampun-ampunan ^^
4. september, traveling hangat padusan pacet. saya ndak bisa renang. jadi yaaaa... cuman nyebur-nyebur hore selaku penggembira. yang dilanjut dengan muter-muter sekitar pacet. awalnya jumat sore, disamperin mas-mas kantor dikasih tahu buat me-free-kan diri hari sabtu, karena anak-anak sekantor mau jalan-jalan ke pacet buat nemeni temen kantor yang lain refreshing setelah sidang tesisnya.

5. oktober, ngadem unyu dari kerjaan yang bejibun dalam rangka farewel hore temen kantor. isinya cuman bubuk-bubuk unyu di vila terus besoknya di lanjut ke telaga sarangan. its a long time since i was there long long time ago. di trip ini dapat komentar temen kantor : kamu kalau urusan tidur kuat ya ternyata. meleknya juga kuat banget tapi begitu tidur alarm ga mempan. (okok)

6. oktober, ke pantai goa china, serunya renjer jatim yang di lanjut ke festival kopi di malang. 

7. nopember, hiking hore edisi marathon gn. merbabu- gn. merapi. ngasih kado ultah ke diri sendiri dengan nyeret-nyeret adhi dan dani. yang kemudian malah bersepuluh lebih, yang kemudian udah kayak orang sinting sukses maratahon dua gunung dalam 4 hari dan dua-duanya dapat puncak semua. yep. gunung merbabu dan gunung merapi in 4 days. itu yang di link baru cerita di merbabu. yang merapi masih ngumpulin semangat buat nulis. (okok) 


alon-alon asal sampai atas

puncak malu-malu 
pagi merbabu!! apa kabar kamu pagi ini? 

summit!!

8. desember, langsung melipir ke ujung timur indonesia. yaitu sumbawa. di sumbawa mengeksplor tiga tempat. yang pertama ke air terjun canga tolu. kedua ke pantai lakeys. dan terakhir naik ke gunung tambora. trip yang hampir gagal karena ga dapat ijin cuti, yang berujung trip ini tetep berjalan lancar tapi penuh drama sebelum dan sesudahnya. (okok)

sunset bersama shofie *copas semena-mena dari sunset bersama rosie. :D lokasi pelabuhan kayangan-pototano.


pantai lakey. tempat surfing terbaik di dunia setelah yang pertama di luar negeri  (hawai kalau ndak salah), yang kedua di g-land atau plengkung, alas purwo banyuwangi. dan yang ketiga di desa hu'u, dompu, sumbawa.


air terjun canga tolu, lokasi di dompu sumbawa. kata bang dewa yang nganterin kita waktu itu, air terjun ini baru diketemukan sekitar setahunan terakhir. canga tolu yang berarti air terjun tiga. maksutnya air terjun dengan tiga tingkatan. 


bukit teletabis rasa tambora, ini diambil dari atap mobil yang offroad. alhamdulillah walau motretnya pakai hape, hasilnya ndak blur.


hutan hujan tropis tambora, didalamnya banyak tumbuhan yang bisa kita ketemukan di piggir rumah atau pinggir sawah sampai tanaman yang saya sendiri ndak tahu itu tanaman apa. lebatnya hutan membuat pacet tumbuh subur dan sehat di sini, yang selalu mengintai darah pendaki yang tak berpakaian tertutup. ditambah tumbuhan jelatang yang jika kena durinya bikin perih teriris nahan tangis.


pelangi di langit tambora



3 comments:

Komen pakai Hati ya...:)

 

Me n My Ego Template by Ipietoon Cute Blog Design