Wednesday, September 12, 2012

tanah surga... katanya


awalnya ndak ngerti kalau bakal ada film ini kalau ndak di tag sama dapit di efbe. sempet rempong mau nonton sebelum atau setelah lebaran. dan akhirnya saya sukses nonton pas hari pertama masuk kerja yaitu tepat pada hari kamis tanggal 23 agustus ketika orang masih leyeh-leyeh di kampung halaman, tanggal segitu saya sudah sukses masuk kerja dan langsung terlantar di jalanan. dan malamnya akhirnya melipir sendirian ke tunjungan plaza. mau balik kost juga nanggung. ga ada orang. saya sedang jadi penguasa. jadi its oke lah sengaja memulangkan diri lebih malam walau benernya juga udah capek setelah seharian ngukurin jalan.

filmnya bercerita tentang seorang kakek yang dulu ikutan berjuang membela indonesia dan berperang melawan malaysia. *lupa nama kakeknya* memiliki anak cowok yang ditinggal mati istrinya dan memiliki anak bernama salman dan adek *lupa nama adeknya*. nah anaknya ini pingin membawa salman dan adek serta bapaknya ke malaysia karena di malaysia jaminan untuk hidup yang lebih baik terlihat nyata ketimbang hidup di pedalaman kalimantan republik indonesia ini.

disana buat nonton televisi aja harus di rumah pak lurah, itupun siaran televisi malaysia. buat dapat sinyal telpon juga susah. jadi interaksi sama orang luar itu cuman lewat radio gelombang. *roger..ganti* ini baru sinyal wong orang sana lebih mengenal ringgit sebagai mata uang harian ditimbang rupiah sebagai mata uang negara sendiri. dan yang lebih miris menyayat mereka ndak bisa menyanyikan lagu indonesia raya, bahkan cuman tahu bendera indonesia itu merah putih. just sekedar merah putih. ndak ngerti apa putih atau merahnya yang di bawah atau sebaliknya. miris.

dan yang miris, perbatasan indonesia malaysia cuman dibedakan dengan perkerasan jalan. malaysia jalannya yang sudah aspalan. indonesia cuman perkerasa sirtu. dan dengan bendera yang apa adanya diiket pada sebuah tiang bambu.

tapi yang cantik adalah penggambaran lokasi yang beneran bagus. saya tambah yakin dan percaya banyak daerah indonesia yang teramat sangat cantik dan perawan yang membulatkan tekat buat punya mimpi keliling indonesia menikmati daerah-daerah yang cantik nan perawan itu.

hutan hujan tropisnya keren keli. jadi pingin manjat-manjat, gelantungan dan nge-camp. sepertinya bakal seru sekali. tapi sungainya ngeri yang ada dalam hutan.

suka pas scene awal film ketika si kakek bercerita kepada salman dan adek, yang bikin suka adalah tempat shootingnya. rumah dengan ciri khas arsitektur nusantara khas kalimantan.

*ps. ini bukan review hanya lagi iseng pingin nulisin apa yang masih diinget =D

0 comments:

Post a Comment

Komen pakai Hati ya...:)

 

Me n My Ego Template by Ipietoon Cute Blog Design