Tuesday, April 2, 2013

a day at surabaya

apa yang dilakukan ketika sehari terdampar di surabaya, dan ini yang saya lakukan ketika ada teman minta ditemani muter-muter seharian di surabaya. 

memulai hari dengan ngajak teman (terutama yang sama-sama maniak kopi) ke Kopitiam Oey. Sarapan nasi hitam plus ngopi-ngopi. Nasinya berwarna hitam dan dibungkus daun yang semacam kayak dipincuk tapi ndak dipincuk (*bingung nyari padanan katanya. =)). terus minumnya disanding dengan kopi hitam. kopi hitam favorite saya di sini adalah kopi vietnam dan kopi itali. sama-sama kopi jenis robusta. dan pahitnya sampe kerasa dipangkal tenggorokan kayak kita abis nenggak pil. beneran bikin mata melek banged dan segar. penyajian kopi hitam di kopitiam oey ini mesti disandingkan dengan air es. kalau kopi vietnam ada campuran susunya, tapi untuk kopi itali pure hitam.

nasi hitam

kopi vietnam

kopi itali


Setelah kenyang kelar, bisa dilanjut melipir ke house of sampoerna. Disini kita bisa melihat rokok kretek yang dilinting secara manual serta sejarah perusahaan sampoerna yang awalnya hanya dari seonggok gerobak hingga jadi perusahaan besar seperti sekarang. Selain bisa ikutan tour de heritage mengunjungi daerah-daerah heritage di surabaya secara gratis kita juga bisa menikmati pameran lukisan serta fotografi yang sering diadakan di sini.

untuk siang bisa langsung meluncur ke masjid laksamana cengho. masjidnya bernuansa china dan dikelola oleh etnis tionghoa. seperti kita ketahui, laksamana cengho adalah pedagang china yang menyebarkan islam di tanah jawa.

kebutuhan ruhiyah kelar terpenuhi, lanjut lagi memenuhi kebutuhan badaniyah alias lanjut kulineran lagi alias mari nyari makan siang dengan mlipir sate klopo ondomohen di jalan wali kota mustajab. Atau kalau mau trully surabaya bisa mencoba lontong balap di daerah bg junction, atau bagi penyuka bebek kayak saya bisa juga ke bebek mercon di jalan kayun, bebek hitam cak sayeki di daerah dharmahusada. setelah itu bisa ngobrol-ngobrol santai menikmati panasnya surabaya di es teler pacar keling.

atau kalau mau uji nyali dan suka pedes bisa juga mlipir ke nasi goreng jancuk di surabaya hotel and resto. selain porsinya yang banyak juga pedasnya yang masyaallah. setelah meler-meler kepedesan bisa ngadem di es krim zanghrandhi. ini lokasinya berdekatan. jadi tinggal jalan kaki aja.

Sore bisa dilanjut dengan menikmati suasana sore/senja di surabaya dengan duduk-duduk santai di taman bmx/skatepark. Disini banyak remaja berlatih main skateboard atau hanya duduk-duduk bergerombol. O iya, kalau sore patung suroboyonya juga mengeluarkan air mancur, apik bagi yang suka hunting foto. Selain itu ini posisinya juga bersebelahan di monumen kapal selam. Bisa sekalian mlipirnya.

patung suro-boyo

Atau bisa juga menghabiskan sore dengan nyeberang ke madura via suramadu, hunting pernak-pernik madura semacam pecut. Ini banyak dijual di kios-kios pinggir jalan suramadu sisi madura. Sekalian bagi yang suka hunting foto, hunting sunset di tepi pantai salah dua sisinya jembatan.

suramadu bridge

Malamnya saat kulineran. Hunting tahu tek di daerah darmahusada. ada yang tau tahu tek? tahu tek semacam kayak rujak tapi tanpa sayur dan buah. Kalau siang tempat ini adalah bengkel cuci mobil tapi kalau malam disulap jadi warung tahu tek. Dan jangan salah. Ramenya minta ampun. 

tahu tek

Atau bagi penggila bebek bisa melipir ke daerah mulyosari, bebek cak yudi. Asal jangan diatas jam setengah 8. Karena kalau di atas jam itu biasanya sudah habis. Tapi jangan kecewa dulu. Ga dapat bebek cak yudi kitq bisa mlipir ke daerah bratang atau ke daerah rungkut. Yup.. Bebek palupi sedapnyooo!! untuk bebek palupi yang di bratang, ndak cuman hanya nyediain menu bebek tapi ada berbagai menu lainnya, seperti iga bakar penyet.

iga bakar

bebek goreng

saung-saung di SAS
*ps : foto-foto di copas dari instagram.com/potrehkoneng

2 comments:

  1. mbak mbak... kalo kuliner ajak2 donk mbak.... mupeng nich :(
    eh tapi BTW, kopi hitam, itu lebih pahit dari sekedar rasa obat mbak.... @_@

    ReplyDelete

Komen pakai Hati ya...:)

 

Me n My Ego Template by Ipietoon Cute Blog Design