Monday, November 17, 2014

Hindu Madura di tanah Jawa

#sedekahbumi #dusunbongsowetan #gresik http://instagram.com/p/tg6VeyBZu1/

"buk, besok ada acara? mau nemeni aku ke acara slametan desa ndak?"

Itulah kira-kira pesan yang masuk dari salah satu sahabat saya. saya sudah lama sekali ndak ketemu dia. bertemunya juga sesekali. alasannya sama. kesibukan yang telah menjadi biang keroknya susahnya kita bertemu. karena lama ndak bertemu juga saya langsung refleks membalas :

"besok nganggur buk, jadi kita kemana dan jam berapa?"

Padahal, jujur saja kondisi badan saya itu lagi capek akut setelah ndak tidur semalaman hari sebelumnya karena lembur. apalagi pas baca balasannya. sempet galau beberapa saat.

"temani ke acara slametan desa di bongso wetan, dari jam tujuh pagi sampai malam"

"omooo... serius? hahaha"

"serius"

"omoo.. terus njuk piye kostume? kayak ke nikahan po pengajian?"

"kostum santai aja buk, besok kamu tak jemput aja ya ke kos"

begitulah, besoknya kita berdua motoran di pagi hari, di hari minggu pagi. jadi menskip agenda bubuk duha on the weekend.

di jalan, teman saya ini cerita. desa ini adalah desa tempat dia melakukan penelitian tesis S2nya. katanya desa ini, tepatnya dusun, hampir sebagian besar beragama hindu, dan bersuku madura, walaupun mereka sekarang sudah ndak punya keluarga lagi di madura, karena saking lamanya meninggalkan madura. bahkan para tetua dari para tetuapun ndak tahu kapan tepatnya mereka meninggalkan madura. tapi ajaibnya mereka tetap menggunakan bahasa madura sebagai bahasa sehari-hari.

dan ajaibnya lagi, sebagian besar beragama hindu. padahal selama ini kita tahu, orang madura ini lekat sekali dengan keislamannya. jadi penasaran awal muasalnya gimana. bahkan teman yang lain pernah bilang di bali sendiripun ada perkampungan madura yang juga beragama hindu penduduk desanya. jadi terjadi peleburan antara budaya hindu dengan budaya madura.



Punden; tempat pelaksanaan #sedekahbumi #dusunbongsowetan #gresik. Menurut KBBI, punden adalah 1. Tempat terdapatnya makam orang yang dianggap sbg cikal bakal masyarakat desa, tempat keramat 2. Sesuatu yang sangat dihormati http://instagram.com/p/tg-JLaBZjI/
saya bolak balik nanya ke temen saya ini, bisa-bisanya nemu desa ini. saking gumun dan takjubnya. secara dari lokasi dusun ini ya, salto sedikit sudah ciputra dengan komplek perumahan bak negara singapore, bahkan lengkap dengan merlion dan sungainya dan air mancurnya diaplikasikan di sini. sedangkan dusun ini yang hanya sepersaltoan masih dengan takzim mengadakan ritual keagamaan dengan perpaduan madura hindu nya. takjub euy.

pas saya sampai sanapun sempat berbincang-bincang dengan warga, dan mereka beneran suku madura beragama hindu tapi ternyata jebul belum pernah ke madura. saya ngobrol sama mereka menggunakan bahasa madura loh.

toleransi agama antar mereka ternyata tinggi sekali. mungkin karena bisa dibilang abangan ya. jadi ketika ada pernikahan antar agama hindu-islam, mereka tak apa-apa. bahkan terserah semisal begitu nikah mau pindah agama.

pas di sana saya menghadiri acara sedekah bumi. semacam ruwat bumi gitu. dan perayaannya pun berlebur antara islam dan hindu. masing-masing pemuka agama juga gantian menyampaikan doa dan sambutannya. rukun sekali.

Adek-adek nari remo #sedekahbumi #dusunbongsowetan #gresik http://instagram.com/p/tg6k0ShZvI

0 comments:

Post a Comment

Komen pakai Hati ya...:)

 

Me n My Ego Template by Ipietoon Cute Blog Design