Tuesday, December 9, 2014

Canga tolu

sumber @endah_banged

Canga artinya air terjun
Tolu artinya tiga
Jadi ini berarti air terjun canga tolu adalah air terjun bertingkat tiga.

Lokasinya berada di kecamatan Hu'u kabupaten Dompu. Dulu ke sininya sebagai trip pemanasan sebelum sehari setelahnya mendaki ke gunung tambora. 

Kenapa gitu? Karena untuk ke sininya kita harus trekking dulu. Di mana-mana yang namanya mengunjungi air terjun selalu trekking dulu. Bedanya adalah trekkingnya naik gunung bukit. Abaikan trekking air terjun Mandakaripura, ini tiga kalinya. Saya yang awalnya bercelana jeans mendadak belum separuh perjalanan sudah merasa salah kostum. Kenapa? Keringet sudah ngucur-ngucur. Dan menggunakan celana jeans di kondisi basah ini ndak enak. Setiap melangkah berasa kesribet-sribet nahan beban tubuh plus nahan berat celana jeans yang berasa beratnya jadi dua kali lipat. Belum lagi turunnya. Sering-sering benerin sabuk biar ndak mlorot celananya. (haha)

Apa bagusnya? Air terjunnya tingkat tiga!!! Dan ada bagian sisi yang kayak kolam dan dalam. Jadi sebagai orang yang tak bisa berenang saya hanya bisa melipir di samping-sampingnya saja. (haha)

Apalagi bagusnya? Di sepanjang jalan menuju sini itu akan melewati perkampungan warga dengan bentuk arsitektur rumah yang sama yang terbuat dari papan. Berbentuk rumah panggung dengan di sisi paling bawah berfungsi sebagai kandang kambing maupun anjing. Kalau penasaran bentuk rumahnya, nonton aja film serdadu kumbang atau googling. #saranoramutu

tim bungsu. caption by mbak @endah_banged
.

0 comments:

Post a Comment

Komen pakai Hati ya...:)

 

Me n My Ego Template by Ipietoon Cute Blog Design