Thursday, March 29, 2012

edisi sumbing; hiking hore

mukaddimah : setelah pas setahun kemaren hiking horenya di gunung sindoro, wiken kemaren sukses hiking hore ke gunung sumbing di jawa tengah. gunung sumbing ini adalah salah satu dari gunung yang dikenal dengan triple S (sindoro-slamet-sumbing). gunung sumbing ini juga gunung tertinggi kedua di jawa tengah.

oke, di postingan ini mau nulis tentang apa ya? tentang tracknya? tentang viewnya atau apanya? =)) o iya, pendakian kali ini penuh perjuangan. ndak cuman perjuangan on location, tapi perjuangan menuju lokasi. gimana ndak. kamis malam a.k.a malam jumat itu bungurasih ramenya ampun-ampunan udah macam ngalah-ngalahin ramenya hari raya.

dan buat ngedapetin bus arah semarang saja sudah pake acara sa'i terminal bungur dari ujung-ujung ke ujung dan tetep aja busnya penuh. mulai dari indonesia, nusantara hingga fajar utama. sempet kepikiran mau pake rute jogja naik eka. tapi tetep aja. busnya penuh tingkat dewa. hingga akhirnya saya dan pendo memumutuskan naik fajar utama dengan berdiri. entah berdiri sampai mana =))

saya berdiri dekat pintu depan, dan terkadang capek glesotan duduk di undakan bis. temen saya si pendo, duduk glesotan samping pak sopir sambil nahan pantat kepanasan mesin. dan kita berdua benar-benar duduk normal di kursi penumpang ketika bus sudah mencapai pati. bayangin, surabaya-pati berdiri. ndak cuman ini, dari terboyo ke garung juga bisnya penuh. walau alhamdulillah dapat tempat duduk. 

di semarang ketemuan sama pepi, terus ketika sudah sampe daerah sukun ada mbak nina, mbak lia dan ayik. jadi dari semarang menuju basecamp sumbing kita berenam. dan lucunya ketika sampe garung, ketika saya, pendo, pepi, mbk nina dan mbak lia turun. si ayik ketinggalan dalam bis. dan yang lebih lucu lagi, karena keadaan bus yang penuh sekali. memperlambat pergerakan kita pas di bus. dengan masing-masing orang membawa ransel penuh dan berat ini juga membuat kita lebih hati-hati agar tas segede gaban ini ndak kena senggol ke orang.

eh, karena kita lambat. si pak supir nyindir-nyindir : udah lama ga mudik ya mbak? sampe lupa mau turun di mana. kita : bapak, nyopir daerah sini masih baru ya? kok ndak tahu kalau kita sering mudik dan turun daerah sini. *plaaak* tentu saja jawaban itu hanya ada dalam hati. =)) 

*setelah berjuang dikerasnya hidup per-bus-an, masih sempet aja narsis begitu sampe basecamp ^^

cerita pendakian : memulai pendakian jumat sore sekitar jam 4. dengan peserta dari surabaya ada saya, mbak endah dan pendo. semarang ada mbak nina, ayik, mbk lia dan pepi. jogja ada dhani, mara, antosi dan dwi. demak ada mas jenggot dan mas munyuk. wonosobo ada mas nanang, adhi dan umam. total 19 orang. berangkat awal hanya 17 orang, karena mas jenggot dan mas munyuk baru nyusul tengah malam ketika kita sudah keleleran kelelahan di pos 2.

di pos 2 ini, akhirnya diputuskan kita mendirikan tenda dan bermalam disini, mengingat kondisi yang sudah ndak memungkinkan untuk lanjut naik. sedang saya sudah ngantuk akut serta kedinginan. padahal jaket sudah dobel. heuu. gimana ndak. dari surabaya sampe pati berdiri. tidur bentar dan ndak berkualitas. sampe pos sumbing duhur. sore langsung naik. 

berasa negeri di awan ^^ 


dan di pos dua ini juga, ketika besoknya diputuskan buat muncak, semua barang dan tenda termasuk keril ditinggal di sini. muncak hanya berbekal air botolan dan makanan secukupnya dalam beberapa daypack yang dibawa sama cowok-cowok. dan cewek-ceweknya hanya butuh melenggang kakung. enaknya naik sama temen-temen saya ini ya ini. mereka pengertian. secapek apapun kita ndak akan ditinggal. =D. apalagi dengan motto puncak bukan segalanya. yang penting kita semua seneng dengan kebersamaan ini. 

track batu pasir

track batu semak-semak

take care ^^


hffftttt.....

yang pasti untuk track, bener-bener bikin ampun-ampunan. baru keluar dari basecamp jalan langsung menanjak. awalnya jalan beraspal, terus berganti dengan perkerasan bebatuan yang kemudian berubah menjadi jalan setapak. saya sendiri yang ndak tahu olahraga jalannya udah ngesot-ngesot bin ngepot-ngepot. terutama pendo, dia barisan sapu bersih paling belakang. maaf ya ndo ^^ tapi kamu keren kok, pertama naik langsung sumbing dengan track yang sedemikian rupa, sampe pestan pula! mantap!

salah satu track menuju pestan ^^

pestan ^^

banci foto di pestan ^^

glesotan pas di bawah pestan gunung sumbing. gegoleran entah ditanjakan atau turunan, yang bikin kaki udah berasa mau ucul. tiba-tiba ada mas-mas pendaki dari kelompok lain yang mau lewat. sembari ternyata bukan lewat malah nemani saya glesotan dan ngajak ngobrol serta ngasih semangat karena mungkin melihat muka saya penuh keringat ngucur-ngucur, kemudian  tanya : itu adeke sampean udah pernah naik sebelumnya ta mbak?. eh belum mas, kenapa gitu?. sampean iki tego mbak. mbok ojok langsung sumbing, ranukumbolo ta merbabu ta gitu dulu. yang jalannya banyak landainya. bukan sumbing mbak. kasian dia. nafasnya sudah mau habis gitu. iya mas, saya juga baru ngeh ini kalau medan sumbing kayak gini. 

kemudian masnya malah bilang gini. eh mbak, keknya saya salah jalan ini, harusnya bukan rute yang ini. ini kan emang jalur baru mas, mungkin tadi masnya dan teman-teman pake jalur lama kali. ndak kok mbak. bukan itu. lah? emang nya mesti lewat jalur mana?
mestinya itu lewat jalur hati mbak…saya langsung ngakak-ngakak…untung ga sampe jatuh gegulingan =))

ketika di pestan saya ndak tahu malu, pas itu posisi sedang sendirian. karena sendirian dan pingin banged photo, akhirnya minta tolong mas-mas pendaki lain yang sedang beristirahat. jebul mereka temennya temen saya. hekeke.

melabil di batu kotak ^^

puncak gunung sindoro dari kejauahan, pingin gegulingan di putihnya awan ^^

sok bersemedi ^^

dari pestan menuju batu kotak-sumber air dan puncak, tracknya sudah masuk kategori naudhubillah. padat merayap merangkak di bebatuan. yang kalau ndak hati-hati sedikit. entahlah. apalagi kondisi kaki yang capek soro. hehe. tapi tetep seruuuuu. dan akhirnya setelah bolak balik berenti. saya sampai puncak juga. di atas sudah ada mas jenggot, mbak lia dan ayik. menyusul saya, mbk nina, adhi dan umam selaku kloter kedua. dilanjut temen-temen lain di kloter selanjutnya.

dari batu kotak arah puncak

sekitaran sumber air
saya di puncak ^^
begitu sampe puncak. haru terasa. haaaai...saya berada di puncak gunung dengan gunung tertinggi kedua di jateng loh. 3360 mdpl. poto dulu buat mengabadikan momen. dilanjut makan cemilan karena lapar terasa. dan di puncak ini. dingin sekali euy. karena dingin itu. kita ndak berlama-lama, mengingat juga waktu yang mepet sangat. saat itu sudah jam 4 sore dan kita harus segera kembali ke pos 2 sebelum tengah malam menjelang.

another view 1



another view 2

another view 3

turun dari puncak ke batu kotak, pestan alhamdulillah tanpa masalah. di pestan ini juga berenti sebentar buat menjamak takhir sholat duhur dan ashar. turun dari pestan ini juga sudah menjelang maghrib. dan tentu saja kita kekurangan penerangan. secara perkiraan kita sudah balik pos dua sore hari dan ternyata molornya amit-amit bin amat-amat banyaknya.

pas turun dari pestan ini, saya juga sempat guling-guling terjatuh bergelantungan gara-gara salah mijak. tongkat saya malah nancep di semak-semak yang jurang. sedang badan bertumpu pada tongkat. gegulinganlah saya =D. pas turun juga penuh dengan prosotan. kaki saya sudah oglek-oglek =))

jadi apakah saya kapok naik gunung? insyaallah ndak. apa yang saya cari? entahlah...yang pasti perjalanan naik gunung penuh dengan sesuatu. entah itu toleransi. kesabaran. ego akan diri sendiri dan orang lain. dan yang pasti. ini menurut teman saya. bukan kita menaklukkan gunung. tapi kita menaklukkan diri kita sendiri. =D

sayonara, sampai berjumpa lagi ^^

thanks to :

pendo : tengs banged ya ndo. wes gelem tak culik sampe wonosobo. =)) 

mbak nina : matur nuwun aku wes dipinjemi esbe, walo ujung2e seng make esbene mas nanang, dan esbene mas nanang tak gawe =))

mas nanang : matur nuwun atas esbene serta ngancani terus nang buri, wes dimasakin mie pula aku. dibikinin kopi juga =))

adhi : atas duren sak kerdusnya. atas nemeni sampe puncaknya, sama mbk nina dan umam.

mas jenggot : wes ngancani sampe entuk bus ke surabaya di terboyo. mas munyuk juga.

dhani dan pepi : duet pak erte dan bu erte

mbak endah dan mbak lia : matur suwun juga nggih

serta yang lain. akeh lek disebutke siji-siji ^^

Foto-foto : dari kamera mbak Endah dan Pendo 

4 comments:

  1. bruakakaka panas panas tombungah mon e semak en mesin :p

    ReplyDelete
  2. your post is nice.. :)
    keep share yaa, ^^
    di tunggu postingan-postingan yang lainnya..

    jangan lupa juga kunjungi website dunia bola kami..
    terima kasih.. :)

    ReplyDelete
  3. ini bang ain ongisnade ya?

    makasih sudah berkunjung bang ^^

    ReplyDelete

Komen pakai Hati ya...:)

 

Me n My Ego Template by Ipietoon Cute Blog Design