Saturday, March 31, 2012

tentang aku dan komunitas, edisi cerita saya =D

Komunitas adalah sekelompok orang yang saling peduli satu sama lain lebih dari yang seharusnya, dimana dalam sebuah komunitas terjadi relasi pribadi yang erat antar para anggota komunitas tersebut karena adanya kesamaan interest atau values (Kertajaya Hermawan, 2008)


iseng-iseng gugeling apa itu kata komunitas, dan nemu kalimat di atas. yah...sebuah komunitas terbentuk (atau kita bergabung) karena adanya kesamaan interest atau values atau kalau menurut saya karena adanya kesamaan ketertarikan akan suatu hal. seperti saya, tertarik di dunia kepenulisan dengan nge-blog, dunia buku dan juga dunia traveling atau hal yang berbau dengan jalan-jalan.


saya ingat, pertama kali bergabung dengan komunitas itu komunitas ngerumpi. sebuah komunitas yang isinya belajar nulis. ngerumpi ini merupakan bagian dari saling-silang. di ngerumpi ini saya jadi rajin belajar menulis. walau apa yang saya posting di ngerumpi sama dengan yang saya posting di blog. dulu saya juga rajin posting di ngerumpi karena suka galau. karena di ngerumpi ga ada teman saya di dunia nyata yang tahu kegalauan saya. =)) 


komunitas lain yang saya ikuti adalah team 16. sebenarnya ini komunitas bikinan sendiri. awal mulanya kenal seorang teman di blog. sama-sama suka buku. sama ada ketertarikan akan jalan-jalan juga. terus kita sama-sama ngerekrut beberapa temen online yang lain. buat kopdaran rame-rame. tahu di mana? ranukumbolo. mahameru. sebuah kopdar akbar pertama saya. dan dari kopdaran jalan-jalan di feturing hiking bareng itu. kita jadi kecanduan jalan-jalan bareng. jadi setelah kopdaran hiking bareng ke ranukumbolo, di lanjut beberapa bulan setelahnya kita ngumpul lagi buat jalan-jalan ke sempu. terus beberapa bulan setelahnya kita ke bromo rame-rame. dilanjut dengan penutupan tahun 2010 ke pembukaan ke 2011 dengan touring selama seminggu di mulai dengan paralayang di malang, lanjut ke madura, terus naik ke kawah ijen dan di tutup dengan kamping di beberapa pantai di alas purwo.



team 16 di pulau sempu

team 16 off road di bromo

team 16 di alas purwo

team 16 di kawah ijen

team 16 di ranukumbolo
team 16 di krakatau



o iya, team 16 ini berasal dari berbagai daerah. ada surabaya, malang, jakarta, semarang, magelang, bandung bahkan riau. dan semua koordinasi rencana backpacking jalan-jalan bersama 16 orang ini, mulai dari rencana ke mana, itenerynya gimana, biayanya berapa, semua musyawarahnya secara online. mulai dari konferenan yeem sampai mesej-mesejan di efbe. dan akhirnya kita membuat group dengan nama team 16 demi kemudahan koordinasi.


dan di tahun 2012 ini. team 16 agak vakum jalan-jalannya. bukan apa. karena ada beberapa dari kita yang sudah menikah. sehingga agak susah buat ngumpul komplit full tim. terakhir pada pada awal oktober. kita backpacking ke krakatau selama empat hari. tapi ndak full team. :(


komunitas yang lain adalah gpl atau gerakan peduli lingkungan. saya bergabung ke komunitas ini dikarenakan diajak salah satu temen saya dari team 16 buat naik bareng ke gunung sindoro pertengahan april 2011. dan ternyata founder dari komunitas ini adalah sekumpulan beberapa kaum muda relawan merapi yang hobi naik gunung. jadi komunitas gpl ini adalah sebuah komunitas yang isinya sekumpulan orang yang secara sederhana paling tidak mengurangi sampah yang ada di gunung dan pantai. jadi isinya gpl ini kalau ndak jalan-jalan ke pantai ya ke gunung. 


gpl di semeru

gpl di sumbing

nanti ketika acara, biasanya ada materi-materi seputaran kepedulian kita akan lingkungan. saya baru tiga kali bergabung di acara gpl ini. yakni pertama pendakian bersih gunung sindoro pertengan april 2011 dan kemaren pertengahan maret 2012 ke gunung sumbing. yang dua-duanya sama-sama di wonosobo jawa tengah. dan yang ketiga ke gunung semeru pas libur natal 2011.


komunitas yang lain lagi yaitu komunitas backpacker indonesia region surabaya. dari nama sudah jelas kan? ini komunitas backpacker. komunitas yang isinya jalan-jalan pakai ransel dan dengan budget yang murah tentunya. saya baru sekali bisa gabung sama mereka yaitu berenam kita backpackeran ke karimun jawa selama empat hari.
backpacker indonesia region surabaya di karimun jawa



komunitas terakhir adalah sahabat 5cm. dari nama pasti sudah ketahuan. iya. komunitas ini adalah komunitas yang suka sama buku. terutama buku 5cm karya mas doni dirgantoro. di komunitas ini orang-orangnya pada suka baca buku. suka jalan-jalan. suka fotografi. dan yang pasti ini juga komunitas berbagi bagi orang-orang yang kurang beruntung. 


 ini cerita saya tentang beberapa komunitas yang saya ikuti sampai sekarang. dengan mereka dunia jadi menyenangkan. bertemu dengan orang-orang yang memiliki kesamaan akan sebuah ketertarikan. begitu lepas dari semua rutinitas harian. saya bertemu mereka. dan memulai sebuah perjalanan. perjalanan buat tidak selalu memenangkan ego. tapi sebuah kebersamaan dan kepedulian akan alam serta sesama. ^^

6 comments:

  1. mbak satu komentarku....

    asem... foto-fotonya garai pengen aku.... :D

    kalo travelling lagi ngajak2 mbak, sekalian dibayarin yach. :D

    ReplyDelete
  2. mantab mbak..jadi pengen traveling..kapan2 ajak yak?:D
    *salam kenal #sungkem :b

    ReplyDelete
  3. perjalanan hidup dan komunitasmu keren
    bikin ngiri XD

    ReplyDelete
  4. makasih oom...

    oom warm jauh lebih kereeeeeen tapinya =D

    ReplyDelete

Komen pakai Hati ya...:)

 

Me n My Ego Template by Ipietoon Cute Blog Design